Selasa, 23 Agustus 2022
Audit Eksternal SMM ISO 9001:2015 Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Nusa Tenggara Timur yang dipimpin oleh Ibu Stefania T. Boro, S.Pi, MM selaku Plt. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTT, bertempat pada Aula Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan Lead Auditor Ivar Kusradi, ST, M.Eng dari SIS CERT Indonesia. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Bidang Perikanan Tangkap beserta staf, Kepala Bidang Pengelolaan Ruang Laut dan Perikanan Budidaya beserta Staf, Kepala Bidang Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan beserta staf dan Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Produk Kelautan Dan Perikanan.
Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Ibu Plt. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTT dan dilanjutkan penyampaian kembali materi terkait ISO 9001:2015 serta jadwal pelaksanaan audit yang di rencanakan selama 1 (satu) hari yakni pada tanggal 23 Agustus 2022. Pelaksanaan audit diawali oleh bidang Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (Pukul : 09.15 – 10.00), dilanjutkan dengan bidang Pengelolaan Ruang Laut dan Perikanan Budidaya (Pukul : 10.05 – 11.30), bidang Pengolahan dan Pemasaran Produk Kelautan dan Perikanan (Pukul : 11.40 – 13.30), bagian Sekretariat (Pukul : 13.40 – 14.50) dan ditutup bidang Perikanan Tangkap (15.00 – 16.00).
Sertifikasi ISO 9001:2015 sendiri merupakan sertifikasi Sistem Manajemen Mutu yang bertujuan untuk menjaga konsistensi kualitas pelayanan Dinas Kelautan dan Perikanan. Selain itu kepuasan dan kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan menjadi tujuan selanjutnya serta untuk meningkatkan efisiensi proses seluruh kegiatan baik dari segi waktu maupun materi. Kegiatan sertifikasi ini juga sebagai evaluasi pelayanan yang dilakukan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan selama tahun 2021 sampai semester pertama tahun 2022.
Hasil akhir diharapkan dengan terbitnya sertifikasi SMM ISO 9001:2015 pada Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTT, maka seluruh kegiatan sudah sesuai standar operasional yang berlaku dan mendukung kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang dilakukan.